Friday, June 20, 2014

Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah

Psikologi pendidikan 
Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Tujuan pendidikan adalah untuk membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan. 
Ruang lingkup psikologi pendidikan adalah pengembangan kurikulum, pengembangan program pendidikan, sistem pembelajaran, dan sistem evaluasi.

Pengembangan kurikulum
Kurikulum adalah program yang direncanakan dan dilaksanakan baik di dalam ataupun di luar sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
Pengembangan kurikulum harus dilakukan dengan memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut :
  • Karakteristik psikologis peserta didik.
  • Kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam berbagai konteks.
  • Pengalaman belajar siswa.
  • Hasil belajar.
  • Standarisasi kemampuan siswa.
Penyusunan buku ajar harus disesuaikan pada segi-segi psikologis peserta didik.

Pengembangan program pendidikan
Misalnya saja dalam penyusunan jadwal pelajaran, menyusun jadwal ujian dengan mempertimbangkan aspek psikologis peserta didik. Selain itu juga dalam penentuan program atau jurusan. Dan semua pengembangan program pendidikan harus mengacu pada upaya pengembangan kemampuan potensial peserta para didik. 
 
Pengembangan sistem pembelajaran
Dalam mengembangkan sistem pembelajaran, harus dilakukan pemilihan teori-teori belajar yang diaplikasikan, pemilihan model-model pembelajaran, pemilihan media dan alat bantu pembelajaran, serta penentuan alokasi waktu belajar dan pembelajaran.

Sistem evaluasi 
Dalam sistem evaluasi dilakukan penentuan teknik evaluasi baik dilakukan dengan tes ataupun non tes. Juga dilakukan penentuan jenis tes yaitu menentukan apakah suatu tes itu tertulis, lisan, perbuatan ( praktek ), dan tes subjektif maupun objektif. Dan yan gterakhir adalah penentuan mengenai waktu pelaksanaan tes.

Psikologi sekolah
Psikologi sekolah adalah penerapan ilmu psikologi berupa pemberian pelayanan psikologis guna tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.

Psikologi sekolah bertugasmembentuk individu yang sehat mental guna tercapainya proses belajar efektif seperti :
  • High academic achievement.
  • Positive social skills and behavior.
  • Healthly relationships and connectedness.
  • Tolerance and respect for others.
  • Competence, self - esteem, and resiliency.
Fungsi psikologi sekolah ada 3 tingkatan :
  1. Tingkat psikodiagnostik.
  2. Tingkat klinis dan konseling.
  3. Tingkat industri dan organisasi.
Berikut ini adalah beberapa pelayanan psikologis :
  1. Assessment.
  2. Consultant for student, teacher, parents, and staff.
  3. Prevention.
  4. Intervention
  5. Staff, parent, and student education.
  6. Research and programme development.
  7. Mental health care.

No comments:

Post a Comment