Friday, June 20, 2014

JOB DESIGN AND WORKING CONDITION

Design of controls
  • Penghubung antara manusia dan mesin disebut sistem operator mesin.
  • Kendali mesin adalah alat yang digunakan untuk mengaktifkan dan mengoperasikan mesin.
  • Dalam merancang kendali, banyak keputusan yang harus diambil untuk menentukan rupa, bentuk, dan letak mesin terhadap kapasitas manusia, tujuan, dan kendali atau tampilan.
Ada 5 kendali yang sederhana dan sering digunakan :
  1. Putaran tangan.
  2. Knob ( continuous ).
  3. Knob ( clock stops ).
  4. Push button.
  5. Pedal.
Design of displays
  • Hubungan antara persepsi manusia dan kemampuan mengolah informasi dan rancangan tidak selalu nyata.
  • Terdapat beberapa faktor yang dapat menentukan kemudahan dan kecepatan informasi dari suatu tampilan visual dapat dimengerti, yaitu penempatan dan faktor lingkungan sangat memengaruhi.
Metode kerja. Tujuan untuk mempelajari metode kerja adalah untuk mengurangi kelelahan pekerja dan meningkatkan keselamatan pekerja. Ukuran fisiologis dalam metode kerja salah satunya adalah penggunaan energi, yaitu energi statik dan dinamik.

Pengukuran beban kerja
Beban kerja adalah bagian terpenting dalam menentukan keselamatan kerja.
Perceived exertion adalah penilaian bagi siapa saja yang telah mengikuti instruksi latihan akademi.

Work space envelope
Yaitu ruangan berupa kantor yang dipakai pribadi atau yang dipakai bersama. 
Dalam hal ini terdapat 2 prinsip, yaitu :
  1. Menyediakan work space yang baik dan sesuai.
  2. Elemen yang tidak pas harus didesain bagi individu yang mungkin akan tidak nyaman atau kesulitan dengan work space envelope-nya.
Flexiplace adalah alternatif lain dari woek space. 
Contohnya broker saham.
Flexiplace terjadi saat pekerja dapat bekerja di rumahnya sendiri dan antar pekerja dapat saling bekerja sama dengan jaringan komputer. Jadi seorang pekerja tidak terikat dengan kantor atau temapt kerja karena di manapun ia dapat bekerja. Flexiplace terjadi dikarenakan ada kantor atau organisasi yang tidak dapat memberikan work space envelope yang sesuai. Pekerja flexiplace merupakan telecommuters.
Keuntungan flexiplace bagi perusahaanadalah peningkatan produktivitas kerja dan penghematan biaya karena tidak perlu membuat work space. 
Keuntungan flexiplace bagi pekerja adalah pekerja dapat mengatur jadwal kerja sendiri dan mendapatkan tempat yang nyaman karena dapat bekerja di manapun.
Kerugian dari flexiplace adalah dapat menyebabkan banyak pekerja yang kehilangan interaksi sosial dari kantor dan mengakibatkan munculnya ketakutan akan kurangnya visibilitas yang akan menyebabkan ketidakstabilan karier.

Tantangan bagi desain faktor manusia :
Inti dari pendekatan human factor pada job design adalah mencapai keharmonisan antara human perceptual, kognisi, dan kemampuan fisik.

Ergonomi partisipatif adalah metode yang konsisten dengan kedua nilai psikolog industri dan organisasi bertempat pada individu dan apa yang dipelajari sebelumnya tentang upaya perubahan organisasi yang efektif.

Pendekatan psikologi pada desain pekerjaan ditandai dengan asumsi bahwa efektivitas dan efisiensi yang berkorelasi dengan kepuasan.

Ada 3 teknik job design yaitu : 
  • Job Enlargement ( Perluasan Pekerjaan ). 
Sebuah rencana membuat pekerjaan lebih besar atau lebih luas dengan menambahkan jumlah tugas kerja yang harus dilakukan setiap orang. Merupakan horizontal loading of tasks. Fungsi job enlargement adalah menghindari kebosanan dalam bekerja, tantangan baru tapi masih dalam area kerjanya, dan membuat karyawan agar tidak malas bekerja. Perlu diketahui bahwa tidak semua pekerjaan dapat diperluas dan tidak semua orang mau pekerjaannya diperluas meskipun hal tersebut mungkin.
  • Job Enrichment ( Pengayaan Pekerjaan ).
Memberikan karyawan lebih banyak tanggung jawab dan kekuasaan mengambil keputusan yang berhubungan dengan perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian kerja mereka sendiri. Merupakan vertical loading of job. Teknik ini berusaha untuk mengurangi atau menghilangkan hal-hal yang berpotensi menyebabkan masalah. Dampak positif teknik ini adalah membuat karyawan lebih termotivasi untuk bekerja dan memperluas serta memperoleh kualitas dari pekerjaan yang digelutinya. Sedangkan dampak negatifnya adalah pekerja yang telah terstimulasi secara optimal dalam pekerjaannya akan mengalami overstimulasi.   
  • Sosiotechnical job design.
Diperlukan hubungan yang seimbang antara manusia dan teknologi. Prinsip-prinsip sosiotechnical sering kali menganjurkan pendekatan kelompok atau kerja tim.
 
Working condition
  • Temperatur di tempat kerja. Yang perlu diperhatikan adalah besar bangunan, jumlah pekerja, kelembaban, seragam, aliran udara, alat-alat kerja, sifat pekerjaan.
  • Pencahayaan di tempat kerja. Yang perlu diperhatikan adalah jenis lampu ( luminaris ), jenis cahaya lampu, dan penempatannya.
  • Kebisingan suara di tempat kerja. Keributan atau kebisingan adlaah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah tempat kerja. Sebanyak mungkin kebisingan harus dikurangi di tempat kerja. 
  • Denah lingkungan kerja. Ada 2 jenis lingkungan kerja, yaitu cubicle ( dibatasi oleh dinding ) dan open space. 

 

No comments:

Post a Comment