Sunday, March 9, 2014

Psikologi Pendidikan dan Teknologi



Hello guys, pada posting kali ini saya akan membahas tentang psikologi pendidikan dan teknologi. Tapi sebelumnya tentu kita harus tahu dulu dong apa itu psikologi pendidikan dan apa itu teknologi.
Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan (Santrock). Contohnya adalah saat guru sedang berinteraksi dengan murid-murid di kelas. Seorang guru harus mengetahui cara yang efektif dalam mengajar sehingga murid-murid dapat memahami apa yang diajarkan oleh guru.  Guru yang baik adalah guru yang memiliki pengetahuan dan menguasai materi yang akan disampaikan kepada murid. Guru harus tahu memiliki strategi pengajaran yang baik dan tahu bagaimana cara berkomunikasi dan dapat memotivasi murid sehingga murid memiliki semangat dalam belajar. Guru yang baik juga harus memahami cara menggunakan teknologi yang tersedia di dalam kelas dengan baik. Contoh yang lain adalah saat seorang murid yang memiliki masalah dalam belajar. Psikologi pendidikan dapat membantu murid tersebut dalam menemukan cara belajar yang baik dan efektif sehingga murid tersebut tidak lagi mengalami kesulitan dalam belajar.
Sedangkan teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Seperti yang kita ketahui, teknologi adalah sesuatu yang senantiasa berkembang dari zaman ke zaman dan tidak akan pernah berhenti berkembang karena manusia akan terus menciptakan hal-hal baru yang dapat mempermudah aktivitas manusia dan meningkatkan kenyamanan hidup manusia.
Jadi, teknologi sangat membantu dalam psikologi pendidikan. Teknologi mempermudah para guru atau dosen  dalam mengajar para murid atau mahasiswa. Misalnya di dalam kelas tersedia proyektor dan  komputer yang akan sangat membantu dalam proses mengajar. Teknologi juga mempermudah para pelajar dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bersangkutan ataupun yang berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen. Misalnya dengan tersedianya fasilitas wifi di dalam kelas, para pelajar dapat dengan mudah mengakses internet untuk mencari informasi dan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk pergi ke warnet (warung internet). Bukan hanya itu, teknologi juga mendukung kenyamanan proses mengajar dan belajar di ruang kelas. Ruang kelas yang nyaman misalnya ruang kelas yang dilengkapi dengan pendingin ruangan atau yang biasa kita sebut dengan AC (air conditioner). Selain itu, ruang kelas yang nyaman lampu penerangannya harus cukup terang. Dengan dukungan kelas yang nyaman, murid-murid tentunya akan lebih semangat atau lebih termotivasi dalam belajar dan guru yang mengajar juga akan lebih semangat dalam mengajari para murid.
Menurut saya, psiokologi pendidikan dan teknologi memiliki hubungan yang sejajar. Jika teknologi semakin maju, maka psikologi pendidikan juga akan semakin maju. Begitu pula sebaliknya, jika psikologi pendidikan semakin maju, maka teknologi juga akan semakin maju. 
Banyak manfaat dari teknologi terhadap dunia pendidikan, misalnya dalam mempermudah proses belajar mengajar. Tetapi di balik itu semua, teknologi juga memiliki dampak yang negatif. Teknologi dapat membuat murid ataupun mahasiswa menjadi malas terutama dalam menulis. Jadi, teknologi itu dapat berdampak positif maupun negatif dalam dunia pendidikan. Namun, itu semua tergantung kepada diri kita sendiri sebagai pengguna teknologi. Kita harus bijak dalam menggunakan teknologi, jangan sampai kita diperbudak oleh teknologi. 
Sekian postingan saya kali ini. Semoga dapat menambah pengetahuan atau bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih ;)

No comments:

Post a Comment